...

7 Kampus Jurusan Hubungan Internasional Terbaik (S1 S2)

Jurusan Hubungan Internasional (HI) mempelajari interaksi antara negara, organisasi internasional, dan perusahaan multinasional. Program studi ini memberikan pemahaman tentang dinamika politik, ekonomi, dan sosial yang membentuk hubungan antarbangsa, serta melatih mahasiswa untuk menganalisis isu-isu global, merumuskan kebijakan luar negeri, dan memahami diplomasi serta negosiasi internasional.

Prospek kerja lulusan HI sangat beragam, mencakup kementerian luar negeri, lembaga internasional seperti PBB, NGO, perusahaan multinasional, penelitian, dan akademik. Lulusan dapat berkarir sebagai diplomat, konsultan kebijakan, analis politik internasional, atau jurnalis fokus isu global. Berikut tujuh kampus terbaik di Indonesia yang menawarkan program S1 dan S2 HI dengan kurikulum unggulan, staf pengajar berpengalaman, dan jaringan internasional luas.

Rekomendasi S1 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik

Menentukan pilihan universitas untuk melanjutkan pendidikan adalah keputusan besar, terutama bagi mereka yang bercita-cita meniti karier di bidang Hubungan Internasional. Jurusan ini membuka peluang luas untuk berkarir di diplomasi, analisis kebijakan, hingga berbagai organisasi internasional. Agar Anda dapat memulai perjalanan akademis dengan langkah yang tepat, kami telah mengumpulkan rekomendasi universitas dengan program S1 Hubungan Internasional terbaik. Mari telusuri bersama kampus-kampus unggulan yang dapat menjadi batu loncatan menuju masa depan yang gemilang di kancah global.

1. S1 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur adalah salah satu pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menekuni jurusan Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Jawa Timur awalnya merupakan Fakultas Ilmu Administrasi Negara dan Administrasi Niaga, yang kemudian berubah nama pada tahun 2005. Jurusan ini didukung oleh berbagai prestasi, seperti Sertifikasi ISO 9001-2008, AIWA 2, dan ISO 21001 di bidang Sistem Manajemen Mutu. UPN “Veteran” Jawa Timur juga memiliki anggota resimen mahasiswa terbaik di Jawa Timur dan telah meraih akreditasi institusi perguruan tinggi peringkat “A” .

Selain prestasi akademik, UPN “Veteran” Jawa Timur juga memiliki organisasi Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMATERNAL) yang aktif dalam berbagai kegiatan. HIMATERNAL membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan dan wawasan melalui aktivitas akademik dan non-akademik. Dengan lingkungan belajar yang mendukung dan program studi berkualitas, UPN “Veteran” Jawa Timur menjadi pilihan yang tepat untuk mempersiapkan diri menghadapi karier di bidang Hubungan Internasional, baik di tingkat nasional maupun internasional.

2. S1 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Brawijaya 

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Brawijaya (UB) menawarkan program studi yang mendalam tentang hubungan antarnegara, isu global, serta dinamika politik, ekonomi, sosial, dan budaya internasional. Program ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis fenomena global dan aktif di sektor pemerintahan, riset, dan pendidikan, baik nasional maupun internasional.

Prestasi mahasiswa Hubungan Internasional UB sangat membanggakan. Salah satunya meraih beasiswa Plus Djarum, dan 12 mahasiswa FISIP UB menjadi Awardee Indonesian International Student Mobility Awards. Mereka juga meraih Best Project dan Most Innovative Idea dalam The 3rd Asia Youth Summit dengan proyek “Story of Folktale”. Dukungan dari International Relations Office (IRO) di Fakultas Ilmu Administrasi sangat membantu dalam pelaksanaan hubungan internasional, menjadikan UB pilihan tepat untuk studi Hubungan Internasional.

3. S1 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga

Program Studi S1 Hubungan Internasional di Universitas Airlangga dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pendekatan yang komprehensif dan berorientasi pada persaingan global. Kurikulumnya mencakup studi mendalam dalam berbagai aspek hubungan internasional seperti politik internasional, ekonomi internasional, hukum internasional, dan budaya internasional. Program ini diakreditasi oleh FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) dan ASIC (Accreditation Service for International Schools, Colleges, Universities), menjamin standar pendidikan tinggi yang internasional.

Mahasiswa dari program ini aktif dalam berbagai kegiatan internasional seperti International Thai Culture Camp, London International Model United Nations, Spring School Programme, dan Global Citizen Ambassador Program AIESEC. Ini tidak hanya memperluas wawasan mereka dalam konteks global, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu beradaptasi dan berkontribusi secara signifikan dalam arena internasional.

4.S1 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret

Program Studi Hubungan Internasional di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tidak hanya dikenal karena prestasi akademiknya yang gemilang, tetapi juga karena kontribusi mahasiswanya dalam berbagai rekaman MURI. Salah satu pencapaian terbesar mereka adalah visualisasi 10 destinasi pariwisata dan penerbitan buku antologi “Resolusi Bakti untuk Negeri” dengan partisipasi penulis terbanyak, sebuah prestasi yang membanggakan dari mahasiswa untuk HUT RI ke-72 pada tahun 2017.

Selain itu, UNS menunjukkan keunggulannya di tingkat internasional dengan peringkat ke-6 di Indonesia dalam Webometrics Ranking of World Universities 2022, menempatkannya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di negara ini. Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS juga meraih tiga penghargaan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) Bidang Kemaritiman Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin, Makassar. Prestasi ini menegaskan komitmen UNS dalam mempersiapkan mahasiswa untuk berprestasi tidak hanya di dalam kampus, tetapi juga di tingkat nasional dan internasional.

5. S1 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Mataram

Program Studi S1 Hubungan Internasional di Universitas Mataram (Unram) menonjolkan eksistensinya di tingkat internasional melalui sistem pendidikan global yang terintegrasi. Unram telah mengembangkan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan luar negeri melalui Kantor Urusan Internasional (International Office Affair/OIA). Unit ini memfasilitasi berbagai program pertukaran pelajar, kerja sama akademik, dan kegiatan internasional lainnya. Beberapa institusi luar negeri yang bekerja sama dengan Unram meliputi Northern Arizona University, Charles Darwin University Australia, Kumamoto University, dan University Selangor Malaysia.

Selain itu, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HMHI) Universitas Mataram didirikan pada 11 November 2014, bertujuan untuk memperkuat komunitas mahasiswa dalam bidang studi ini. HMHI aktif mengadakan berbagai kegiatan akademik, sosial, dan kebudayaan yang tidak hanya memperkaya pengalaman akademik mahasiswa, tetapi juga memperluas jaringan dan keterampilan interpersonil mereka. Dengan dukungan ini, Unram terus berkomitmen untuk melahirkan lulusan Hubungan Internasional yang kompeten dan siap bersaing di dunia global.

Rekomendasi S2 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik

Mendapatkan gelar S2 dalam Hubungan Internasional tidak hanya membuka pintu untuk pemahaman yang mendalam terhadap tantangan kompleks dan peluang yang ada dalam hubungan internasional kontemporer, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk berperan aktif dalam merumuskan solusi global yang berkelanjutan dan berdampak positif.

6. S2 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia

Program Studi S2 Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) dirancang untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang fenomena hubungan internasional, tetapi juga mampu menganalisa dan memberikan solusi terhadap berbagai isu global. Program ini memberikan bekal ilmu yang komprehensif bagi para mahasiswa, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam berbagai bidang profesi yang relevan, baik di sektor pemerintahan, riset, pendidikan, maupun sektor lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa dari Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI menjadi bukti kualitas pendidikan yang ditawarkan. Salah satu prestasi membanggakan adalah pencapaian Abdul Wahid Wartabone yang meraih Juara 3 dalam ajang Mahasiswa Berprestasi Utama FISIP UI tahun 2022. Prestasi ini menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam berkompetisi dan unggul di tingkat fakultas.

7. S2 Jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada

Program Strata 2 (S2) Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) telah dibuka sejak tahun 2002 oleh Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIPOL UGM. Program ini dirancang untuk mengkaji isu-isu, konsep, dan kerangka empiris yang mendalam dalam memahami keterkaitan antara berbagai bidang dalam diplomasi dan kebijakan luar negeri. Tujuannya adalah untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap berperan aktif dalam dinamika hubungan internasional.

Program S2 Hubungan Internasional UGM memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami bidang ini. Program ini menawarkan tiga bidang studi spesifik: Studi Politik Internasional, Studi Kerjasama dan Pembangunan Internasional, serta Studi Perdamaian Internasional, yang memberikan pengetahuan mendalam dan keahlian yang dibutuhkan dalam dunia internasional. Selain itu, UGM juga menawarkan dua program minat khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik di bidang diplomasi global, yaitu Diplomasi Perdagangan Global dan Diplomasi Kemanusiaan Global.

Apa Yang Dipelajari Jurusan Hubungan Internasional ?

Jurusan Hubungan Internasional menawarkan berbagai mata kuliah yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika global. Beberapa topik utama yang dipelajari meliputi International Law, di mana mahasiswa mempelajari hukum internasional yang mengatur hubungan antar negara, termasuk perjanjian internasional, hak asasi manusia, dan hukum perang. Dalam mata kuliah International Organization, fokusnya adalah pada struktur, fungsi, dan peran organisasi internasional seperti PBB, ASEAN, dan WTO dalam menjaga perdamaian dan keamanan global, serta mengatur kerjasama internasional.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari International Political Economy, yang menganalisis interaksi antara politik dan ekonomi di tingkat global, termasuk perdagangan internasional, investasi, dan kebijakan ekonomi internasional. Topik Global Media Communication mengeksplorasi peran media massa dalam membentuk opini publik global dan dampaknya terhadap kebijakan luar negeri dan diplomasi internasional. Sementara itu, International Public Diplomacy mempelajari strategi dan teknik yang digunakan negara untuk mempengaruhi opini publik internasional dan membangun citra positif di mata dunia melalui diplomasi publik. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek hubungan internasional dan siap berkontribusi dalam berbagai profesi di bidang ini.

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Menempuh pendidikan di jurusan Hubungan Internasional memerlukan perencanaan keuangan yang matang. Biaya kuliah merupakan salah satu aspek penting yang harus dipertimbangkan oleh calon mahasiswa dan orang tua. Memahami rincian biaya ini sangat penting untuk memastikan kesiapan finansial selama menempuh pendidikan di program yang prestisius ini.

Nama KampusBiaya KuliahNama Jurusan
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
UKT per semester  Rp. 500.000 sampai Rp. 8.000.000S1 Hubungan Internasional
Universitas Brawijaya 
Uang Kuliah Per Semester MAHASISWA KELAS  INTERNASIONAL Rp. 9.500.000
Iuran Pengembangan Institusi (Satu Kali Bayar) MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL Rp. 55.000.000
S1 Hubungan Internasional
Universitas Airlangga
Biaya UKT Jalur Mandiri Reguler Rp. 7.500.000 hingga 8.500.000IPI Rp. 45.000.000 sampai Rp. 75.000.000
Biaya UKT  Jalur Mandiri Kemitraan Rp. 8.500.000 IPI Rp. 75.000.000
Biaya UKT Jalur SNBT dan SNBP Rp. 500.000 sampai 10.000.000
S1 Hubungan Internasional
Universitas Sebelas Maret
UKT Jalur SNMPTN dan SBMPTN Rp. 475.500hingga Rp. 6.716.500
UKT Jalur Mandiri Rp. 475.500 sampai Rp. 6.716.500
Sumbangan Pengembangan Institut (SPI) Rp. Rp. 8.000.000 hingga > Rp. 22.500.000
S1 Hubungan Internasional
Universitas MataramBiaya UKT Rp. 500.000 sampai Rp. 5.100.000
ISPI Rp. 1.000.000 hingga Rp. 12.500.000
S1 Hubungan Internasional
Universitas Indonesia
Biaya Operasional Pendidikan Reguler Rp. 17.000.000WNA Rp. 40.000.000
Dana Pengembangan Reguler Rp. 7.500.000WNA Rp. 27.000.000
S2 Hubungan Internasional
Universitas Gadjah MadaMagister Ilmu Hubungan Internasional: Rp 12.500.000 per semesterS2 Hubungan Internasional

Memilih kampus yang tepat untuk melanjutkan studi di jurusan Hubungan Internasional, baik untuk program S1 maupun S2, adalah langkah penting yang dapat mempengaruhi karier dan masa depan Anda. Dengan mempertimbangkan reputasi akademik, kurikulum yang ditawarkan, serta peluang karier yang tersedia, Anda dapat membuat keputusan yang bijak dan sesuai dengan tujuan pribadi. Ketujuh kampus terbaik yang telah kami bahas di artikel ini menawarkan berbagai keunggulan yang dapat membantu Anda mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia internasional. Semoga informasi ini bermanfaat dalam membantu Anda menentukan pilihan yang terbaik untuk perjalanan akademik Anda.

Tags :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Picture of Meita Sarah S.Pd
Meita Sarah S.Pd

Meita Sarah, S.Pd adalah seorang profesional biro administratif yang berpengalaman dan berdedikasi. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat di bidang pendidikan dan pengalaman luas dalam manajemen administrasi, saya berkomitmen untuk memastikan efisiensi dan efektivitas operasional di setiap tugas yang saya tangani. Keahlian saya dalam pengelolaan data, koordinasi kegiatan, dan pelayanan administratif telah membantu berbagai organisasi mencapai tujuan mereka dengan lancar dan terorganisir.

Categories

Didukung Oleh :

Latest Post