...

7 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Geodesi beserta Gaji

Geodesi adalah bidang studi yang memfokuskan pada pengukuran, pemodelan, dan pemahaman tentang bentuk serta dinamika bumi. Melalui penggunaan teknologi canggih, para ahli geodesi memetakan dan menganalisis data geospasial untuk aplikasi dalam survei, pemetaan wilayah, navigasi, dan pemantauan lingkungan.

Jurusan Geodesi merupakan salah satu bidang studi yang memiliki prospek karir yang luas dan menjanjikan. Dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya kebutuhan akan data geospasial yang akurat, lulusan Geodesi semakin dibutuhkan di berbagai sektor.

Pada artikel ini, kita akan membahas prospek kerja yang paling menjanjikan bagi lulusan Jurusan Geodesi beserta kisaran gaji yang dapat diharapkan dari masing-masing profesi tersebut. Setiap pilihan karir menawarkan peluang yang berbeda-beda namun sama-sama menarik.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Geodesi

Lulusan Geodesi memiliki keahlian dalam mengukur dan menganalisis bentuk serta permukaan bumi, yang sangat penting dalam berbagai industri seperti konstruksi, pertambangan, dan teknologi informasi geospasial. Dengan meningkatnya kebutuhan akan data geospasial yang akurat dan kemajuan teknologi, lulusan Geodesi semakin dibutuhkan di berbagai sektor untuk mengisi posisi yang memerlukan keterampilan khusus ini.  Dibawah ini ada beberapa prospek kerja jurusan Geodesi dan beserta gajinya.

1. Assistant Surveyor

Assistant Surveyor adalah posisi awal dalam bidang survei yang bertugas mendukung surveyor utama dalam kegiatan pengukuran dan analisis data lapangan. Posisi ini biasanya menjadi langkah awal dalam karir survei, di mana Anda akan belajar tentang teknik-teknik dasar pengukuran tanah dan penggunaan alat-alat survey modern. 

Kualifikasi yang diperlukan mencakup pendidikan minimal D3 atau S1 di bidang Geomatika, Geodesi, Survey Pemetaan, atau Survey Kehutanan. Pengalaman dalam menangani survei pengukuran tanah, membuat titik acuan (benchmark), dan pengecekan batas kawasan sangat diperlukan. Pemahaman tentang gambar desain rencana serta pengalaman di bidang properti atau konstruksi juga menjadi nilai tambah.

Jobdesk pekerjaan ini mencakup beberapa tugas penting, seperti menentukan titik awal survei dan melakukan pengukuran tanah untuk mendapatkan data yang akurat. Selain itu, Anda bertanggung jawab dalam pembuatan titik acuan (benchmark) yang digunakan sebagai referensi dalam pengukuran selanjutnya. 

Assistant Surveyor juga melakukan pengecekan batas kawasan untuk memastikan keakuratan data yang dihasilkan. Mereka mengawasi proyek untuk memastikan bahwa pekerjaan di lapangan sesuai dengan gambar desain rencana. Terakhir, melakukan pengecekan kualitas atau opname progres dan hasil pekerjaan yang telah dilakukan oleh kontraktor pelaksana, memastikan setiap tahapan proyek berjalan dengan baik dan sesuai standar.

2. Experienced Surveyor

Experienced Surveyor sebuah pekerjaan dengan posisi yang bertanggung jawab langsung dalam pelaksanaan kegiatan survei dan pengukuran di lapangan. Mereka memastikan bahwa semua kegiatan survei dilakukan dengan akurat dan sesuai dengan spesifikasi proyek. 

Sebagai Experienced Surveyor, tugas utama mereka meliputi melakukan pengukuran lapangan, serta mengevaluasi hasil pengukuran dengan mencatat kekurangan yang ada untuk kemudian dievaluasi lebih lanjut. Selain itu, mereka bertanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan pengukuran oleh kontraktor guna memastikan akurasi dan kepatuhan terhadap prosedur. 

Bagi Anda yang ingin bekerja disini harus memiliki banyak pengalaman minimal sudah 3 tahun di proyek konstruksi seperti SDA (Sumber Daya Air), jalan, atau gedung APBN. Anda juga harus memiliki pendidikan yang tinggi seperti S1 di bidang Teknik terutama Teknik Geodesi. Kualifikasi lainnya mencakup keahlian dalam mengoperasikan program AutoCAD, Microsoft Office terutama Excel, serta mahir menggunakan alat ukur seperti Total Station (TS), Waterpass, dan Theodolit.

3. Geology Specialist ( Pertambangan Batu )

Geology Specialist (Pertambangan Batu) pekerjaan yang memiliki posisi fokus pada eksplorasi dan analisis geologi untuk menentukan lokasi penambangan yang potensial. Bertugas untuk membangun kerjasama dengan pihak lain dalam eksplorasi IUP tambang, serta memastikan hubungan yang solid di wilayah tambang untuk mencapai target eksplorasi IUP. 

Selain itu, Geology Specialist bertanggung jawab dalam menyusun strategi, melakukan monitoring, dan menyusun laporan evaluasi terkait IUP yang berpotensi dibeli oleh perusahaan. Mereka memahami regulasi pertambangan dan mampu memberikan solusi terbaik untuk perusahaan dalam konteks wilayah operasi mereka. 

Untuk masuk pekerjaan ini, membutuhkan kualifikasi minimal S1, dengan mempunyai latar belakang pendidikan ilmu Geologi, Geodesi, dan Geoteknik sangat diutamakan. Pengalaman lama di industri tambang sebagai Geology Specialist menjadi syarat wajib. Keterampilan teknis yang diperlukan meliputi kemampuan menggunakan software geologi. Selain itu, Geology Specialist harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memahami budaya lokal, dan birokrasi setempat. 

4. Staff Geographic Information System (GIS)

Staff Geographic Information System (GIS) salah satu posisi yang bertanggung jawab dalam mengelola dan menganalisis data geospasial untuk berbagai kebutuhan seperti perencanaan kota dan mitigasi bencana. Jobdesk pekerjaan ini meliputi mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data geospasial menggunakan aplikasi pemetaan seperti. Anda juga bertugas membuat peta dan visualisasi data yang digunakan dalam berbagai proyek. 

Dalam posisi ini memainkan peran penting dalam menyediakan informasi spasial yang akurat dan berguna untuk pengambilan keputusan. Pekerjaan ini memiliki kualifikasi yang diperlukan, seperti mencakup pendidikan minimal S1 di bidang Geodesi atau Kehutanan, dengan pengalaman 1 tahun dibidang sama. Kandidat yang menguasai penggunaan drone dan foto udara akan sangat diutamakan.

5. Surveyor Officer

Surveyor Officer merupakan posisi pekerjaan yang berfokus pada pengelolaan dan pelaksanaan survei lapangan untuk berbagai proyek. Anda disini memiliki jobdesk untuk memastikan semua pekerjaan berjalan sesuai dengan perencanaan dan standar yang telah ditetapkan. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Surveyor Officer menyusun rencana dan mengawasi pelaksanaan kegiatan penanaman baru dan penanaman kembali, termasuk pembersihan lahan (land clearing), penataan blok (blocking), penentuan titik tanam, pembuatan terasan, dan pengelolaan air. Selain itu, Surveyor Officer juga bertanggung jawab membuat peta perencanaan dan peta realisasi untuk berbagai kegiatan seperti pembukaan land clearing, pemeliharaan blok, pembangunan jalan dan jembatan, serta pembuatan terasan.

Pekerjaan Surveyor Officer membutuhkan kualifikasi pendidikan minimal S1 atau D3 di jurusan Kehutanan, Ilmu Tanah, Geodesi, atau Ilmu Geografi. Harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun dalam kegiatan new planting dan replanting di perkebunan kelapa sawit. Anda juga harus menguasai instrumen alat survey, serta mampu mengoperasikan komputer dengan baik. Selain itu, Surveyor Officer harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan software pemetaan.

6. Mine Plan Engineer

Mine Plan Engineer merupakan pekerjaan yang memiliki posisi sebagai petugas yang bertugas merancang dan mengimplementasikan rencana penambangan yang efisien dan aman. Membutuhkan kualifikasi akademik dan pengalaman yang relevan dalam bidang perencanaan tambang.

Seperti harus memiliki pendidikan S1 di bidang Teknik Pertambangan, Geologi, atau Geodesi dengan pengalaman minimal 5 tahun pada posisi yang sama di perusahaan industri pertambangan. Alternatifnya, lulusan SMK atau D3 di bidang Pertambangan atau Geologi dengan pengalaman minimal 7 tahun pada posisi yang sama di perusahaan industri pertambangan juga memenuhi syarat.

Dengan kualifikasi tersebut Anda dapat bekerja dengan jobdesk bertanggung jawab dalam membuat perencanaan tambang untuk jangka pendek (short term), menengah (mid term), dan panjang (long term). Mine Plan Engineer harus memastikan bahwa rencana yang dibuat mencakup semua aspek operasional tambang seperti pengalokasian armada (fleet), urutan pekerjaan (sequence), desain tambang, pengelolaan air (dewatering), dan kegiatan reklamasi.

7. Land Surveyor

Land Surveyor merupakan pekerjaan yang berposisi melakukan pengukuran tanah dan memetakan batas-batas properti. Pekerjaan ini meliputi untuk melakukan survey dan pengukuran lapangan yang diperlukan terhadap pembangunan konstruksi, seperti bertugas dalam pengukuran lapangan dan survey untuk gedung atau rumah.

Tugas utama atau jobdesk nya meliputi penyusunan dan penggambaran data hasil pengukuran lapangan, serta menetapkan titik-titik patok as dan elevasi untuk bangunan gedung atau rumah yang akan dibangun. Mereka juga bertugas mengawasi pekerjaan konstruksi agar sesuai dengan titik pengukuran yang telah ditetapkan. Pekerjaan ini juga membutuhkan keterampilan dalam mengoperasikan berbagai peralatan survey.

Selain itu, Land Surveyor juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua data yang dihasilkan dari survey lapangan memiliki keakuratan yang tinggi dan dapat digunakan sebagai dasar untuk keputusan perencanaan dan konstruksi selanjutnya. 

Untuk bisa masuk dalam pekerjaan ini pendidikan Anda minimal D3/S1 di bidang Teknik Sipil atau Teknik Geodesi. Anda juga harus solid dalam mengoperasikan peralatan survey. Sudah pengalaman minimal 2 tahun dalam industri konstruksi, dengan fokus pada proyek-proyek perumahan. Keahlian tambahan dalam menggunakan drone untuk survey lapangan dianggap sebagai keunggulan tambahan yang sangat berharga dalam peran ini.

Gaji Lulusan Jurusan Geodesi

Lulusan jurusan Geodesi memiliki prospek gaji yang menjanjikan di berbagai sektor industri. Gaji lulusan Geodesi biasanya mencerminkan tingkat keahlian dan pengalaman mereka dalam menggunakan teknologi canggih. Dengan pasar kerja yang terus berkembang untuk spesialis Geodesi, bayaran dalam lulusan geodesi menjadi daya tarik utama bagi para profesional yang memasuki bidang ini. Berikut ini ada beberapa besaran gaji yang diperoleh dalam pekerjaan yang ada di jurusan Geodesi.

1. Assistant Surveyor

Assistant Surveyor memiliki Gaji kisaran antara Rp 5,000,000 – Rp 5,500,000 per bulan untuk posisi Assistant Surveyor sesuai dengan tanggung jawab dan kualifikasi yang diperlukan dalam pekerjaan ini. Gaji ini juga tergantung pada tingkat pengalaman dan keahlian dalam bidang survey, serta kemampuan dalam mengelola data survey dan interpretasi hasilnya.

 2. Experienced Surveyor

Dalam pekerjaan Experienced Surveyor, Anda dapat memperoleh gaji kisaran Rp 400.000.000 – Rp 430.000.000 per tahun. Dalam peran ini, Anda bertanggung jawab untuk mengawasi dan melaksanakan pengukuran yang kompleks dalam berbagai proyek konstruksi, atau sektor industri lainnya. Gaji ini sebuah nilai strategis dari kontribusi Anda dalam memastikan keakuratan data geospasial yang diperlukan untuk pengambilan keputusan penting dalam proyek-proyek besar.

3. Geology Specialist ( Pertambangan Batu )

Untuk seorang Geology Specialist mendapatkan kisaran gaji antara lain Rp 8.000.000 – Rp 10.000.000 per bulan, Bagi para pekerja dengan pengalaman awal gaji mungkin berada di bawah ini. Tetapi, seiring dengan peningkatan pengalaman dan keahlian, serta jika Anda mendapat posisi dengan tanggung jawab lebih besar, gaji Anda dapat akan meningkat sesuai dengan performa dan kontribusi yang Anda bawa pada perusahaan.

4. Staff Geographic Information System (GIS)

Staff Geographic Information System (GIS) memperoleh kisaran gaji Rp 5,000,000 – Rp 6,000,000 per bulan, pekerjaan ini ditawarkan sebagai pekerjaan penuh waktu (full time). Sebagai Staff GIS, tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan meningkatkan prospek gaji Anda mendapat gaji penuh karena tanggung jawab berperan dalam mendukung proyek-proyek yang memerlukan pemetaan dan analisis geografis.

5. Surveyor Officer

Pada posisi Surveyor Officer memperoleh kisaran gaji sebesar Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan, gaji ini merupakan tanggung jawab yang signifikan dalam berbagai proyek pemetaan dan pengukuran lahan. Anda berhak mendapat gaji dengan kisaran yang tinggi karena sudah berpengalaman dalam bidang survey.

6. Mine Plan Engineer

Sebagai Mine Plan Engineer Anda dapat memperoleh gaji pada kisaran Rp 18.000.000 per bulan dengan pekerjaan yang full time. Selain gaji pokok, pekerjaan ini juga memberikan berbagai tunjangan dan bonus kepada karyawan-karyawannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan motivasi kerja. Seperti adanya tunjangan transportasi, tunjangan makan, boner kinerja, dan ada juga bonus tahunan yang diberikan.

7. Land Surveyor

Pekerjaan Land Surveyor mendapat gaji dengan kisaran Rp 4.000.000 – Rp 7.000.000 per bulan, Gaji dalam pekerjaan ini dilihat dari tingkat pengalaman, kemampuan teknis, serta tanggung jawab yang diemban oleh Land Surveyor dalam memastikan keberhasilan proyek-proyek konstruksi yang presisi dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 

Lulusan jurusan Geodesi memiliki berbagai peluang kerja yang menjanjikan dengan gaji yang kompetitif. Bagi Anda yang berminat dalam bidang ini, penting untuk terus mengembangkan keahlian teknis dan memahami perkembangan terbaru dalam teknologi survei dan geospasial. Dengan demikian, Anda dapat mempersiapkan diri untuk mengambil peran yang lebih bertanggung jawab dan memanfaatkan peluang karir yang tersedia di masa depan.

Tags :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Picture of Meita Sarah S.Pd
Meita Sarah S.Pd

Meita Sarah, S.Pd adalah seorang profesional biro administratif yang berpengalaman dan berdedikasi. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat di bidang pendidikan dan pengalaman luas dalam manajemen administrasi, saya berkomitmen untuk memastikan efisiensi dan efektivitas operasional di setiap tugas yang saya tangani. Keahlian saya dalam pengelolaan data, koordinasi kegiatan, dan pelayanan administratif telah membantu berbagai organisasi mencapai tujuan mereka dengan lancar dan terorganisir.

Categories

Didukung Oleh :

Latest Post