...

5 Kampus S2 Pendidikan Luar Sekolah Terbaik

Kehadiran pendidikan di luar sekolah telah menjadi pilar penting dalam membentuk pola pikir dan nilai-nilai masyarakat modern. Dari pendidikan informal hingga program pembangunan komunitas, kampus-kampus S2 Pendidikan Luar Sekolah memiliki peran krusial dalam menyiapkan para profesional yang mampu mengarahkan, mengelola, dan mengembangkan beragam inisiatif pendidikan di luar kelas. Dalam artikel ini, kami akan mengulas lima kampus S2 Pendidikan Luar Sekolah terbaik yang tidak hanya memberikan pendidikan berkualitas, tetapi juga menjadi pusat inovasi dan penelitian dalam bidang pendidikan di luar kelas.

1. S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang

Program studi S2 Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin mendalami ilmu pendidikan di luar lingkungan sekolah formal. Berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, program ini memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengelola berbagai program pendidikan di luar sekolah, mulai dari pelatihan dan kursus, penyuluhan, hingga pengelolaan pembelajaran di perguruan tinggi. Salah satu hal yang membedakan program ini adalah fokusnya pada penelitian. Lulusan program ini diharapkan mampu menjadi pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Luar Sekolah, baik di tingkat nasional maupun internasional, juga dibekali dengan keterampilan literasi digital dan kewirausahaan.

Program ini telah diakreditasi dengan nilai unggul sampai tanggal berakhirnya yaitu tanggal 17 April tahun 2028, menandakan kualitas pendidikan yang diberikan. Dengan gelar Magister Pendidikan (M.Pd.), lulusan diharapkan mampu menjadi pendidik profesional yang dapat beradaptasi dengan perkembangan kehidupan masyarakat, baik di tingkat nasional maupun global. Program ini tidak hanya memberikan pendidikan teoritis, tetapi juga menawarkan pengalaman praktis melalui kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri, serta industri. Fasilitas yang disediakan, seperti ruang kelas dan laboratorium komputer, juga mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi. Ini memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang memadai dan relevan dengan tuntutan zaman.

Biaya S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNNES

Untuk program S2 kelas reguler, biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu dengan SPP dan Sarana Pendidikan Rp3,5 juta per semester, SPI Rp2,25 juta per semester selama tiga semester, serta matrikulasi Rp750 ribu. Sementara itu, untuk program S2 kelas khusus/paket, biaya pendaftaran adalah Rp300 ribu dengan SPP dan Sarana Pendidikan (Sardik) Rp15 juta selama studi, SPI Rp12,5 juta selama studi, dan matrikulasi Rp1 juta.

2. S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Palangka Raya

Program Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Palangka Raya berkomitmen menghasilkan tenaga ahli pendidikan yang inovatif dan kompeten. Dengan visi menjadi pusat unggulan dalam pendidikan luar sekolah yang berorientasi pada pengembangan masyarakat, program ini melaksanakan pendidikan berkualitas, penelitian relevan, dan pengabdian masyarakat yang berdampak luas. Kurikulum program terdiri dari 43 SKS yang harus diselesaikan dalam 4 hingga 8 semester. Selain itu, terdapat mata kuliah pilihan yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan mahasiswa, yang memberikan fleksibilitas dalam jalur studi mereka. Universitas ini mendapat peringkat akreditasi B dari BANPT dan kadaluwarsanya sampai tanggal 9 bulan Februari tahun 2026.

    Program ini didukung oleh tenaga pengajar berpengalaman, mayoritas bergelar doktor dan magister dalam bidang pendidikan luar sekolah. Kepemimpinan dipegang oleh Dr. Syaifullah Darlan, M.Pd yang memiliki pengalaman luas dalam bidang pendidikan. Mahasiswa juga mendapatkan akses ke berbagai fasilitas pendukung. Selain pendidikan, program ini juga aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Fokus penelitian diarahkan pada isu-isu pendidikan dan pengembangan masyarakat lokal, sedangkan pengabdian masyarakat dilakukan melalui berbagai program pemberdayaan dan pelatihan. Lulusan program ini memiliki prospek karir yang luas, termasuk menjadi dosen, peneliti, konsultan pendidikan, serta pengembang program pendidikan di berbagai lembaga pemerintah dan swasta. Dengan pendekatan yang komprehensif dan fasilitas yang memadai, Program Magister PLS UPR memberikan landasan yang kuat bagi para profesional di bidang pendidikan luar sekolah.

    Biaya S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UPR

    Program ini memiliki kelompok UKT I-IV dengan rentang biaya sebesar Rp500.000 hingga Rp3.191.000, sementara kelompok V-VIII memiliki rentang biaya sebesar Rp3.092.000 hingga Rp6.500.000. Untuk Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dengan nilai terendah Rp1.000.000 dan tertinggi Rp16.250.000. Selain itu, tersedia berbagai beasiswa seperti KIP Kuliah, Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan Kalteng Berkah, dan Beasiswa Indonesia Cerdas-BRI.

    3. S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Yogyakarta

    Program Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah lama berkontribusi dalam pengembangan pendidikan non-formal dan informal di Indonesia. Fokus utama program ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di luar sekolah melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fasilitas yang disediakan mencakup ruang kuliah yang dilengkapi dengan teknologi terkini, perpustakaan dengan koleksi literatur yang luas, laboratorium pendidikan, serta akses ke berbagai sumber daya digital dan jaringan internet yang cepat. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai seminar, workshop, dan program pengembangan profesional.

    Kurikulum Program Magister PLS dirancang untuk memberikan pengetahuan mendalam dan keterampilan praktis dalam bidang pendidikan luar sekolah. Mata kuliah yang diajarkan meliputi teori dan praktek pendidikan non-formal, manajemen program pendidikan, evaluasi program pendidikan, serta penelitian dalam pendidikan luar sekolah. Kurikulum ini juga mencakup tugas akhir berupa tesis yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa. Biaya pendidikan untuk Program Magister PLS di UNY disesuaikan dengan kebijakan universitas dan mencakup biaya SPP, biaya fasilitas, serta biaya lainnya yang diperlukan selama masa studi. Informasi detail mengenai biaya dapat diakses langsung melalui situs resmi PMB UNY.

      Biaya S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNY

      Biaya pendidikan untuk Program Magister Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bervariasi berdasarkan jenis programnya. Untuk program reguler, biayanya adalah Rp8.500.000 per semester. Program non-reguler atau beasiswa memiliki biaya sebesar Rp9.500.000 per semester, sedangkan program kerja sama atau mahasiswa luar negeri dikenakan biaya Rp11.000.000 per semester. Selain itu, terdapat juga Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayarkan sekali pada semester pertama sebesar Rp2.500.000.

      Program Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah diakreditasi dengan peringkat A/Unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) hingga 30 Oktober 2024.

      4. S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang

      Program Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Universitas Negeri Malang (UM) menyediakan kurikulum yang komprehensif untuk mengembangkan kemampuan profesional dalam pendidikan non-formal. Kurikulum ini mencakup mata kuliah umum seperti Landasan Pendidikan dan Pembelajaran, serta mata kuliah khusus seperti Manajemen PLS, Pendidikan Orang Dewasa, dan Teori Utama PLS. Mahasiswa juga diwajibkan mengikuti praktek lapangan dan menyelesaikan tesis. Program ini dirancang untuk menyiapkan lulusan yang mampu mengelola dan mengembangkan program pendidikan luar sekolah secara efektif. Akreditasi BANPT universitas ini peringkatnya A sampai tanggal kedaluwarsanya 5 Mei tahun 2025.

        Program ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan akademik. Gedung kuliahnya memiliki 9 lantai dengan fasilitas lift, ruang kelas yang nyaman, perpustakaan dengan koleksi ebook, laboratorium komputer, ruang ujian, studio pembelajaran daring, dan auditorium yang dapat menampung hingga 500 orang. Selain itu, terdapat mushola di setiap lantai.

        Biaya S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UM

        Program S2 di Universitas Malang (UM) menawarkan biaya yang terbilang cukup terjangkau. Dengan hanya sekitar Rp. 8.000.000, para mahasiswa dapat mengejar gelar magister di berbagai bidang studi. Biaya ini relatif rendah dibandingkan dengan banyak perguruan tinggi lainnya, sehingga membuka peluang lebih besar bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi tanpa harus terbebani oleh biaya yang tinggi.

        5. S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya

        Universitas Negeri Surabaya (UNESA) telah lama dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan. Program S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah di UNESA merupakan bagian integral dari visi universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan non-formal di Indonesia. Sejak pendiriannya, program ini telah menjadi tonggak penting dalam menyiapkan para profesional pendidikan untuk menghadapi dinamika pendidikan di era modern. Diakreditasi Unggul oleh BANPT hingga 12 September 2027.

        Biaya S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNESA

        UNESA menawarkan tiga jenis kelas untuk program S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, yaitu Kelas Reguler, Kelas Kerjasama, dan Kelas Eksekutif. Untuk Kelas Reguler, biaya untuk Semester 1-4 sebesar Rp 8 juta, Semester 5-6 sebesar Rp 4 juta, dan Semester 7-8 sebesar Rp 6 juta. Sedangkan untuk Kelas Kerjasama, biaya untuk Semester 1-4 adalah Rp 10 juta, Semester 5-6 sebesar Rp 5 juta, dan Semester 7-8 sebesar Rp 7,5 juta. Terakhir, untuk Kelas Eksekutif, biaya untuk Semester 1-4 adalah Rp 13,5 juta, Semester 5-6 sebesar Rp 8,5 juta, dan Semester 7-8 sebesar Rp 10,125 juta. Dengan pilihan kelas yang beragam, mahasiswa dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka.

        UNESA memiliki beragam fasilitas untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa program S2 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fasilitas tersebut meliputi perpustakaan yang dilengkapi dengan koleksi buku, jurnal, dan referensi elektronik, laboratorium dengan teknologi modern, akomodasi bagi mahasiswa, sarana olahraga seperti lapangan sepak bola dan basket, serta fasilitas komputer dan internet yang memadai.

        Masing-masing kampus menawarkan program yang berkualitas tinggi dan berbagai kesempatan untuk pengembangan profesional. Dengan bergabung di salah satu dari kampus-kampus ini, para mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendalami pengetahuan, memperluas jaringan profesional, dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan di luar sekolah. Semoga artikel ini memberikan panduan yang berguna bagi para calon mahasiswa yang tertarik untuk mengejar pendidikan lanjutan dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah.

        Tags :
        Facebook
        Twitter
        LinkedIn
        Pinterest
        Picture of Meita Sarah S.Pd
        Meita Sarah S.Pd

        Meita Sarah, S.Pd adalah seorang profesional biro administratif yang berpengalaman dan berdedikasi. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat di bidang pendidikan dan pengalaman luas dalam manajemen administrasi, saya berkomitmen untuk memastikan efisiensi dan efektivitas operasional di setiap tugas yang saya tangani. Keahlian saya dalam pengelolaan data, koordinasi kegiatan, dan pelayanan administratif telah membantu berbagai organisasi mencapai tujuan mereka dengan lancar dan terorganisir.

        Categories

        Didukung Oleh :

        Latest Post